STRESS

Apakah itu Stress?
Istilah stress sering kita gunakan saat keadaan terasa terlalu berlebihan, saat kita merasa jenuh dan bertanya-tanya apakah kita dapat mengatasi segala tekanan yang menimpa kita. Sebenarnya, apapun yang menantang atau membuat kita merasa tidak enak adalah stress. Beberapa stress baik untuk kita, mereka lah yang membuat kita terus dapat bertahan. Tanpa stress, hidup akan menjadi membosankan dan mungkin terasa tidak berarti. Namun, saat stress tidak lagi dapat ditangani secara mental dan fisik, saat itulah stress menjadi buruk.

Perbedaan antara “stress” dan “stressor”
Stressor adalah sumber yang menyebabkan stress. Stress sendiri merupakan keadaan yang kita alami saat berada di bawah tekanan, ia adalah respon terhadap stressor. Contoh dari stressor adalah bunyi bising, orang yang membuat kita tidak nyaman, kecelakaan, atau bahkan kencan pertama. Biasanya, semakin banyak stressor yang kita alami, kita akan merasa semakin stress.
Stress akan mempengaruhi perasaan, pikiran, kebiasaan, dan cara kerja tubuh kita. Faktanya, gejala umum stress antara lain gangguan tidur, berkeringat, nafsu makan menurun, dan daya konsentrasi yang menurun. Kita mungkin akan merasa sakit kepala, otot-otot menegang atau nyeri, atau pusing. Stress menyebabkan adanya perubahan hormon dalam tubuh secara fisiologis walaupun stressor yang kita alami berbeda-beda. Perubahan hormon inilah yang membuat kita dapat menghadapi tekanan, mekanisme ini disebut respon emergency “lawan atau lari”.
Setelah tekanan hilang, biasanya tubuh akan beradaptasi dan kadar hormon menjadi normal kembali, sehingga stress telah teratasi. Namun, jika kita terus-menerus berada dibawah tekanan atau tekanan tersebut sangat berat, respon emergency akan timbul lagi sehingga perubahan hormon akan terus terjadi dan berakibat pada kesehatan.

Mengenali gejala stress
Stress bukan penyakit, namun dapat menjadi penyakit jika tidak ditangani. Penting bagi kita untuk mengenali lebih dini gejala stress. Dengan mengenali gejala stress dapat membantu kita mengetahui cara mengatasinya, dan menghindarkan diri dari mekanisme pembelaan ego yang tidak sehat, seperti minum-minuman keras atau merokok.
Berikut ini perubahan fisiologis yang terjadi sebagai respon stress:
- Nadi dan tekanan darah meningkat
- Laju pernapasan meningkat
- Otot menegang
- Produksi keringat meningkat
- Glukosa dan lemak akan dibebaskan ke aliran darah
- Faktor pembekuan darah dibebaskan
- Asam lambung meningkat
- Laju pencernaan menurun
Stress juga dapat mempengaruhi perasaan, sehingga biasanya saat stress seseorang akan merasa cemas, cepat lelah, motivasi menurun dan daya konsentrasi berkurang, menjadi mudah marah dan lebih sensitif, bahkan mengalami kesedihan atau deperesi. Stress yang dibiarkan dapat berkontribusi menyebabkan masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Langkah mengatasi stress
Hidup tidak akan terlepas dari stress, baik sejak di dalam kandungan hingga meninggal dunia. Dunia tanpa stressor tidak mungkin, seperti layaknya dunia tanpa kuman tidak mungkin terjadi. Meskipun demikian, banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi stress secara efektif. Jadi, bukan bagaimana menghindari stress, tetapi bagaimana menghadapi stress.
Pertama, kenali stressor. Jika kita tidak yakin dengan penyebab stress, gunakan lah diari dan buat catatan sehari-hari selama dua sampai empat minggu. Setelah itu, baca ulang dan temukan sumber stressor anda.
Berikut ini 10 kiat mengurangi stress oleh Andrew Sherwood:
1. Pusatkan perhatian pada yang ada.
2. Tangani setiap masalah satu per satu.
3. Bila telah ditetapkan cara pemecahan, lakukanlah.
4. Bahaslah suatu masalah dengan orang-orang yang patut dimintai pertimbangan.
5. Usahakan agar produktif.
6. Jangan menyalahkan orang lain.
7. Cukup istirahat: fisik dan mental.
8. Pertahankan hal-hal yang biasa dikerjakan sebaik mungkin.
9. Atasi setiap masalah sebelum tidur.
10. Biasakan untuk menerima situasi pekerjaan yang kritis
Setelah itu, strategi yang dapat dilakukan antara lain berolahraga, meditasi, dan melakukan teknik relaksasi. Berolahraga dan melakukan aktivitas fisik tidak akan membuat stress Anda hilang, namun langkah tersebut dapat mengurangi intensitas emosi yang kita rasakan, menjernihkan pikiran, dan membuat kita mampu mengatasi masalah yang kita hadapi dengan lebih tenang.
Pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup dan makan makanan bergizi dengan diet seimbang. Hindari merokok dan konsumsi alkohol berlebihan.

Kapan perlu ke dokter?
Jika Anda tidak yakin stress sebagai penyebab keluhan, atau sudah melakukan berbagai metode untuk mengatasi stress namun keluhan tetap muncul, segera lah ke dokter. Dokter akan memeriksan jika ada penyebab lain.
Selain itu, jika Anda mengalami nyeri dada, terutama jika sedang melakukan aktivitas fisik atau diikuti dengan kesulitan bernapas, berkeringat, pusing, mual, atau jika nyeri dada menjalar hingga ke bahu dan lengan, segera cari bantuan emergency. Tanda-tanda tersebut mungkin saja merupakan gejala dari serangan jantung, bukan sekedar gejala stress biasa.

Sumber :
http://www.nhs.uk/conditions/stress-anxiety-depression/pages/understanding-stress.aspx 17/07/2014 ” Struggling with stress?”
http://www.nhs.uk/Conditions/stress-anxiety-depression/Pages/reduce-stress.aspx 06/01/2014 “Ten stress busters“
http://www.medicalnewstoday.com/articles/145855.php Written by Christian Nordqvist Friday 5 September 2014 “What is stress? How to deal with stress“
Kuliah Pakar “STRES dan MEKANISME PEMBELAAN (Penyesuaian Diri)” dr. Happy Indah Hapsari, SpKJ

TIMKES DIKLAT PKH (Shift 2)

Timkes Diklat PKH di STTP Lawang (shift 2) dimulai pukul 16.00 (pada hari sabtu, 18 April 2015) sampai dengan pukul 12.30 (pada hari minggu, 19 April 2015).
Kasus yang ditemukan saat timkes, pada hari sabtu yaitu hemoroid ditangani dengan dirujuk ke rumah sakit. Selain itu ada pasien anemia dan pusing yng ditangani dengan pemberian tablet tambah darah dan paracetamol. Selain itu, ada pasien dengan riwayat jantung lemah yang diditirahatkan di pos kesehatan.
Pada hari minggu, kasus yang ditemukan yaitu pasien dengan keluhan alergi dan maag yang ditangani dengan pemberian CTM, anatasida dan paracetamol. Pasien dengan keluhan mual diberi obat metocloprade. Pasien dengan keluhan batuk pilek diberi obat demacolin dan bronex. Selain itu ada pasien dengan keluhan kesleo yang ditangani dengan pemberian coonterpain serta diistirahatkan, pasien spasme usus diberi obat spasminal, pasien yang mengeluh pusing kami tangani dengan pemberian minyak kayu putih dan paracetamol.

TIMKES DIKLAT PKH (Shift 1)

Pada tanggal 17 April 2015, kami menjadi timkes pada acara Diklat PKH yang dilaksanakan di STPP Lawang. Kami datang pada malam hari, dan begitu smapai di pos kesehatan sudah ada satu orang pasien yang mengeluh lemas dan sakit kepala. Sakit kepala dirasakan dari awal pasien berangkat. Pasien tersebut kami minta untuk makan terlebih dahulu lalu kami beri obat paracetamol. Setelah pasien tersebut kembali mengikuti acara, ada panitia yang meminta obat paracetamol untuk peserta yang sakit dan panitia lain meminta obat asam mefenamat karena mengeluh sakit gigi. Setelah itu, hingga pagi hari tidak ada pasien lagi.
Pagi harinya tanggal 18 April 2015, kami dibriefing terlebih dahulu oleh panitia karena acara yang akan berlangsung yaitu outbond. Disini salah seorang dari kami ditempatkan di pos 2 dan salah seorang lagi ditempatkan di pos kesehatan dan mobile. Sampai akhir acara outbond tidak ada peserta yang mengalami hal-hal yag tidak diinginkan. Ketika istirahat, ada peserta yang meminta obat molagit karena diare dan demacolin karena mengeluh flu dan demam. Ada seorang peserta yang mengalami laserasi pada bagian ibujari bawahnya. Kemudian pasien tersebut kami bersihkan lukanya dengan menggunakan NS lalu diberikan betadine dan diplester. Setelah itu, adapanitia yang meminta amoprazolle karena mengeluh sakit perut. Kemudian acara dilanjutkan dengan materi, ditengah penyampaina materi ada peserta yang tiba-tiba muncul vesikel dibagian leher, tangan dan wajahnya. Peserta tersebut dicurigai mengalami cacar air sehingga kami membawanya ke rumah sakit untuk didiagnosa lebih lanjut. Selain itu, ada peserta yang datang ke po kesehatan dengan keluhan dysminorhea, yang ditangani dengan minum obat dan istirahat di pos kesehatan. Peserta sebelumnya yang suspect cacar teah kembali dari rumah sakit, didiagnosa dokter cacar sehingga peserta tersebut diantar pulang bersama dengan tinkes yang juga pulang dan digantikan dengan timkes shift lain.

DIET

Diet sering disalahartikan sebagai usaha mengurangi makan untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal, atau untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Padahal, berdasarkan asal serapan katanya, arti ini yang sebenarnya adalah mengatur pola makan. Tentu saja, saat ini masih banyak orang yang menyalah artikan arti berat badan sendiri. Oleh karena itu perlu diluruskan mengenai arti menurunkan berat badan yang sebenarnya.

Tubuh itu seperti mesin, tidak pernah berhenti bekerja. Setiap langkah produktivitas di tunjang oleh sistem kerja berbagai organ yang ada didalam tubuh. Tubuh kita juga membutuhkan bahan bakar seperti layaknya mesin, yaitu makanan yang kita konsumsi setiap hari sehingga makanan itu haruslah sesuai dengan jumlah aktifitas kita setiap hari. Anda pun tak bisa sembarangan memasukkan makanan ke dalam tubuh. Karena apabila kita memasukkan zat yang buruk ke dalam tubuh kita, maka zat itu dapat menurunkan daya tahan tubuh kita dan menghambat kerja dan metabolisme.

Adapun beberapa saran sederhana untuk memulai diet :
1. Jangan asal kenyang. Pilihlah karbohidrat kompleks (nasi merah, oatmeal, ubi, jagung) daripada karbohidrat sederhana (nasi putih, roti, mi instan, bubur ayam). Tingkat energi karbohidrat kompleks tinggi sangat cocok menjaga stamina saat olahraga.
2. Sebaiknya tidak makan malam di atas pukul 6 sore. Bila waktu makan malam tidak dekat dengan waktu tidur, sistem pencernaan memiliki kesempatan lebih panjang untuk mencerna makanan.
3. Jangan lupakan sayuran dan buah-buahan dalam menu makanan sehari-hari. Semua bermanfaat agar tubuh Anda cukup mendapat serat, vitamin, dan enzim.

Oleh karena itu Diet dapat di defenisikan sebagai usaha seseorang dalam mengatur pola makan dan mengurangi makan untuk mendapatkan berat badan yang ideal . Sekarang diet memiliki banyak jenis dari diet rendah kalori, diet rendaH protein, diet jantung, diet rendah gula, diet rendah garam, hingga diet rendah purin (untuk penderita gout atau asam urat)

Berikut beberapa macam diet beserta kelebihan dan kekurangannya :

1. Diet Mayo diperkenalkan oleh Klinik Mayo USA pada tahun 2008. Dalam merancang program diet ini, Klinik Mayo melakukan riset dan menyimpulkan bahwa garam merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam terjadinya kegemukan. Secara umum, diet Mayo adalah diet yang menghilangkan garam dalam menunya, dengan asupan rendah karbo dan tinggi protein ditambah sayuran dan buah dalam porsi besar selama 13 hari. Pelaku diet harus menjalankan menu yang sudah ditentukan selama 13 hari berturut-turut, kemudian kembali makan normal dan tidak berlebihan pada hari ke-14. Air es menjadi pantangan dan diharuskan minum air putih sebanyak 2 liter per hari. Hasil dapat bervariasi pada setiap orang tergantung metabolisme tubuh, berkisar antara 4-8 kilogram dalam 13 hari. Karena diet ini hanya menghilangkan lemak, jadi jangan kuatir peyot/tirus.
Diet ini memiliki kelemahan berikut ini jika ditinjau secara ilmiah :
Identik dengan food combining, yakni penurunan berat badan terjadi karena defisitnya energi yang masuk bukan karena jenis makanan yang telah ditentukan,
Variasi makanan rendah karena dibatasi. Mayo clinic menghindari makanan yang merupakan sumber karbohidrat, sayur dan susu.
Menjalanin diet sperti ini akan menyebabkan asupan vitamin dan mineral terutama kalsium menjadi rendah
Dalam jangka panjang menjalankan diet ini akan beresiko terhadap osteoporosis

2. Diet VCO atau Diet minyak kelapa merupakan salah satu diet yangg dianggap ideal karena kita akan tetap bisa makan kenyang namun berat badan bisa menyusut. Diet ini adalah menganjurkan untuk mengkonsumsi minyak kelapa murni yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Diet ini diharapkan dapat menjadi pola makan seumur hidup. Fase kuncinya adalah pantang karbohidrat 21 hari. Tahap – tahap yang dilakukan :
a. Minum 2-3 sendok makan minyak kelapa murni setiap hari
b. Boleh menyantap protein tetapi yang bebas lemak
c. Harus banyak mengkonsusi sayuran
d. Sebaiknya minum 6-8 gelas setiap hari. Dan kurangi minum kopi.
Setelah 21 hari, harus mulai mengkonsumsi karbohidrat secara berkala.
 Minggu I : Menambahkan karbohidrat sehat dalam menu sarapan saja.
 Minggu II dan III : menambahkan karbohidrat sehat dalam menu sarapan dan makan siang
 Minggu III : Menambahkan karbohidrat dalam menu sarapan, makan siang, dan makan malam, tapi dengan takaran yang tidak berlebihan.
Dari kedua cara diet diatas, yang paling penting setelahnya adalah bagaimana carnya untuk mempertahankan berat badan.
 Tidak lagi menyantap sembarang karbohidrat
 Jika makan terlalu banyak dan berat badan meningkat lagi, kembalilah ke awal sampai berat badan ideal kembali
 Jika mengkonsumsi junk food atau makan kurang sehat, akukan 1 hari detoks jus sayuran.

Sumber :

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/37192/5/Chapter%20II.pdf

Diet VCO, PT. Gramedia Pustaka Utama

Form Pendaftaran MERIDIEN CUP 2015

Hello Lakesboy dan Lakesgirl!
Pendaftaran delegasi MERIDIEN CUP 2015 telah dibuka :)
Acara ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Jakarta, 22 – 24 Mei 2015.
Cara pendaftaran :
Ketik Nama_NIM_AL_meridien cup 2015 kirim ke 085646386916
Lalu isi formulir (link dibawah ini), dan kirim formulir kamu ke ikaashmi27@gmail.com

Ayo buktikan kontribusimu untuk Lakesma!
-One Team One Family-

Link untuk download formulir -> FORMULIR PENDAFTARAN MERIDIEN CUP 2015

Form Pendaftaran SEMWIL dan BAKSOSWIL 2015

Hello Lakesboy dan Lakesgirl!
Pendaftaran delegasi Seminar Wilayah dan Bakti Sosial Wilayah PTBMMKI 2015 telah dibuka :)
Acara ini dilaksanakan di TBM Bumi Gora Mataram, 30 April – 4 Mei 2015.
Cara pendaftaran :
Ketik Nama_NIM_AL_semwil baksoswil 2015 kirim ke 085646386916
Lalu isi formulir (link dibawah ini), dan kirim formulir kamu ke ikaashmi27@gmail.com

Ayo buktikan kontribusimu untuk Lakesma!
-One Team One Family-

Link untuk download formulir -> FORMULIR PENDAFTARAN SEMWIL DAN BAKSOSWIL 2015

Timkes KKM Teknik 2015 (Shift 2)

Timkes KKM Teknik 2015 shift 2, taggal 9-10 Februari 2015 berangkat dari FK jam 08.00 sampai di lokasi jam 09.00 WIB. Sampai di lokasi 3 mahasiswa dipulangkan oleh panitia karena menderita hernia, skoliosis, dan asma.
Lakesma dibagi menjadi pj drainase, pj MI dan PAUD, pj tenda, dan pj rabat jalan. Saat kegiatan drainase ada 2 peserta dirujuk karena hipertensi dan nyeri di badan. Dari pj tenda ada 1 peserta yang dirujuk karena iritasi mata. Timkes lakesma kembali ke tenda sekitar jam 16.30
Malam hari acara evaluasi dan api unggun sekitar 10 peserta sakit dan istirahat di pos kesehatan. Ada 1 peserta yang kembali ke kelompok sampai pagi hari karea demam.
Hari ke-2, hari terakhir kegiatan saat pagi hari ada beberapa anak yang sakit. Selanjutnya acara tracking kembali ke pintu masuk desa yang berakhir sekitar jam 12.00.

5

One Team One Family